Waktu yang Tepat Tes Kehamilan Setelah Telat Haid


Bagi banyak wanita, keputusan kapan harus menjalani tes kehamilan bisa menjadi sumber kecemasan utama. Terkadang hal itu menyebabkan depresi karena mereka ingin hamil atau justru tidak mengharapkan kehamilan. Bagi Anda yang khawatir Anda hamil (tetapi tidak menginginkannya), Anda mungkin mempertimbangkan tes karena menstruasi terlambat, atau karena Anda pikir Anda memiliki gejala kehamilan. Atau, mungkin, Anda khawatir metode KB yang Anda pilih gagal (atau Anda lupa menggunakan kontrasepsi).

Jika Anda mencoba untuk hamil, Anda dapat menghabiskan dua minggu menunggu untuk berdebat dengan diri sendiri kapan buang air kecil yang tepat untuk melakukan tes . Haruskah Anda menunggu sampai haid terlambat? Apakah ada waktu terbaik?

Baik Anda mengharapkan hasil negatif atau positif, mengikuti tes awal mungkin tampak seperti cara yang baik untuk segera mengetahui kehamilan yang telat diharapkan. Sayangnya, mengikuti tes lebih awal dapat memberi Anda hasil negatif, bahkan jika Anda sedang hamil. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengikuti tes? Apakah ketika Anda menjalani tes kehamilan benar-benar penting?

Waktu Terbaik Selama Siklus Anda

Anda mungkin tetap merasakan tanda PMS seperti nyeri haid atau dismenore, pusing, demam, tetapi bukan berarti Anda tidak hamil. Waktu terbaik untuk mengambil tes kehamilan adalah setelah haid terlambat. Ini akan membantu Anda menghindari negatif palsu dan positif palsu keguguran awal. Jika Anda belum memiliki kalender kesuburan, waktu tes kehamilan yang tepat adalah alasan yang baik untuk memulai. Jika siklus Anda tidak teratur atau Anda tidak memetakan siklus Anda, jangan ikuti tes hingga Anda melewati siklus menstruasi terpanjang yang biasanya Anda miliki. Misalnya, jika siklus Anda berkisar antara 30 hingga 36 hari, waktu terbaik untuk mengikuti tes adalah hari ke 37 atau lebih baru.

Pagi Hari Waktu Terbaik

Waktu hari Anda melakukan tes kehamilan itu penting sampai batas tertentu. Anda lebih mungkin mendapatkan hasil yang akurat jika mengikuti tes di pagi hari. Ini terutama benar jika menstruasi Anda belum terlambat, atau jika menstruasi Anda hanya beberapa hari terlambat. Tes kehamilan di rumah bekerja dengan mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin Anda, kecuali Anda bangun di malam hari untuk sering buang air kecil (atau Anda minum air putih sepanjang malam), urin Anda lebih terkonsentrasi saat pertama kali bangun. Ini biasanya berarti bahwa jumlah hCG sedikit lebih tinggi, dan Anda lebih mungkin mendapatkan hasil positif jika Anda hamil. Namun, Anda masih bisa menjalani tes kehamilan di tengah hari, atau bahkan di malam hari. 

0 Komentar