Teknik Ini Akan Mempermudah Kamu Dalam Memahami Bidang Ilmu Biologi


Biologi menjadi salah satu ilmu yang cukup ditakuti banyak siswa, padahal isi dari buku ini dipenuhi keindahan makhluk hidup. Ada banyak alasan mengapa orang enggan mengambil kelas karyawan atau jurusan kuliah di bidang ilmu satu ini, yakni karena terlalu banyak hafalan dan bahasa asin yang harus dipahami. 
Sumber gambar: pixabay

Meski dipenuhi dengan balutan istilah asing, namun sebenarnya bidang ilmu yang satu ini mudah untuk dipelajari. Berikut ini ada beberapa teknik mudah belajar ilmu Biologi, diantaranya:

Kerucutkan materi yang dipelajari
Sebelum mempelajari berbagai hal spesifik, sebaiknya pahami lebih dulu konsep umum materi yang dipelajari. Seperti faktor berkaitan dengan mamalia harus lebih dulu dipahami, sebelum masuk ke berbagai faktor yang berhubungan dengan primata. Mempelajari konsep secara keseluruhan akan memudahkan dalam mempelajari detail atau hal yang lebih spesifik. 

Untuk mempermudah menghafal proses tersebut, akan lebih baik jika membuat sebuah peta konsep. Dengan peta konsep, akan sangat efektif dalam membantu mengatur informasi dengan mudah dan visual.

Pelajari terminologinya
Baik mahasiswa reguler maupun kuliah kelas karyawan, ada satu kesulitan paling umum dirasakan ketika belajar ilmu Biologi yakni istilah asing. Bidang ilmu yang satu ini memang dipenuhi dengan berbagai istilah baru, yang mana sangat asing di telinga. Mungkin kamu pernah mempelajari berbagai macam bakteri di kulit, seperti propionibacterium acnes, corynebacterium, staphylococcus epidermidis, staphylococcus aureus, streptococcus pyogenes, atau lainnya. Berbagai nama bakteri tersebut harus dihafal, karena pasti akan keluar saat ujian.

Untuk dapat menghafal berbagai istilah asing, bisa mencoba memecah istilah tersebut dan mengidentifikasi asal istilahnya. Dengan begitu, kamu akan lebih mengerti kenapa istilah tersebut digunakan.

Coba gunakan media gambar
Tidak ada salahnya jika menggunakan media gambar untuk memahami materi. Gambar menjadi salah satu media untuk mempermudah dalam memahami konsep maupun mengingat informasi. Meski ada materi sulit sekalipun, biasanya orang akan lebih mudah mengingat jika disajikan dalam media gambar dipadu dengan istilah asing.

Cobalah untuk membiasakan membuat gambar dalam diagram, misalnya gambar jantung, paru-paru, ginjal, hati, bagian-bagian bunga, anatomi hewan, atau lainnya. Kegiatan tersebut akan sangat berguna dalam mengingat bagian-bagian dari benda yang dipelajari, termasuk cara kerjanya.

Untuk media satu ini, setiap mahasiswa kelas karyawan tentunya memiliki kriteria kemudahan yang berbeda. Sebagian lain bisa mudah mengingat dengan gambar, sebagian lain dengan media lain. Bahkan mungkin sebagian lain bisa dengan mudah belajar tanpa menggunakan media apapun.

Kenali berbagai benda biologi di dunia nyata
Hanya mempelajari materi dari buku saja tentu akan sangat membosankan dan membuat jenuh, terlebih untuk ilmu Biologi. Bidang ilmu yang satu ini sejatinya mempelajari segala sesuatu yang ada di alam, jadi tidak ada salahnya jika kamu mencoba mengenalnya secara langsung dengan praktek lapangan. Semisal ketika mempelajari struktur tumbuhan atau bunga, tentunya melihat langsung bunga asli dan membandingkannya dengan materi akan jauh lebih menyenangkan.

Contoh lainnya seperti kegiatan teknik memperbanyak diri pada tumbuhan (cangkok, stek, dll), akan lebih mudah dipahami jika melakukan praktek secara langsung. Melihat perbedaan tubuh mamalia dengan mengamati hewannya secara langsung, begitupun dengan aves.

Manfaatkan laboratorium
Mempraktekan ilmu yang didapatkan menjadi metode paling efektif untuk memahami materi yang diberikan. Bagi yang mengambil kuliah kelas karyawan di sebuah universitas, tentunya laboratorium yang dimiliki memiliki sarana yang lebih lengkap. 

Manfaatkanlah laboratorium tersebut untuk melakukan praktek teori yang dipelajari, sehingga materi tersebut akan cepat terserap dan tidak mudah hilang dari ingatan. Tentunya akan sangat membosankan jika terus menerus hanya belajar materi, sesekali juga diperlukan praktek.

Laboratorium merupakan tempat dimana mahasiswa melakukan uji coba, seperti membedah katak atau kadal untuk melihat anatomi tubuh bagian dalamnya. Atau ketika ingin menyaksikan secara langsung bentuk bakteri, dengan bantuan mikroskop tentunya.

Itulah beberapa teknik / tips yang bisa digunakan agar lebih mudah dalam belajar ilmu Biologi. Tips tersebut tentunya sangat bisa digunakan bahkan untuk mahasiswa kelas karyawan, khususnya yang memilih jurusan biologi.

0 Komentar