Cara Hemat Listrik Di Rumah Anda


Listrik merupakan salah satu kebutuhan yang semakin hari semakin besar, namun jika kita tidak menghematnya ini akan berdampak pada banyak hal. Tersedianya sumberdaya alam dan kita pun menjadi orang yang boros. Maka dari itu kita juga harus Hemat Listrik supaya kita tidak boros.

Nah untuk Anda yang kini ingin berhemat listrik, berikut ini beberapa cara menghematnya. Diantaranya yaitu:

1. Gunakan Listrik dengan Sistem Pulsa


Saat ini pemerintah melewati Perusahaan Listrik Negara sudah memberikan kewajiban kepada para pengguna meteran listrik dengan memakai system pulsa. Untuk setiap rumah meteran listrik menggunakan system prabayar, sehingga besar kecilnya penggunaan listrik bisa ditentukan oleh pengguna yang memakai system prabayar tersebut. Secara tidak langsung untuk penggunaan listrik dengan menggunakan sistem pulsa memaksa pengguna supaya lebih bijak dalam menghemat pemakaian listrik yang ada di rumah. Ini  jadi cara yang sangat jitu untuk lebih menghemat listrik di rumahmu.

2. Cabut Kabel dan Peralatan Saat Tidak Digunakan


Jika Anda terbiasa meninggalkan charger ponsel yang Anda miliki terhubung ke stop kontak walaupun tidak Anda gunakan maka akan membuat arus listrik terus mengalir ke kabeh. Dari sini tentunya listrik akan terbuang dengan sia-sia, maka dari itu lebih baik charger atau apapun Anda cabut jika sudah tidak digunakan sebagai upaya penghematan.

3. Nyalakan Lampu Seperlunya


Untuk Anda yang memiliki kebiasaan menyalakan lampu di siang hari atau pada saat Anda meninggalkan rumah ini juga menjadi sebagai salah satu kebiasaan yang cukup buruk. Maka dari itu hal kebiasaan ini harus Anda hilangkan dan mulai dari sekarang juga.

4. Gunakan AC Dengan Bijak


Penggunaan AC tersebut ternyata juga membutuhkan konsumsi yang lebih besar jika kita bandingkan dengan alat elektronik yang lainnya. Cara untuk menghemat listrik AC dan kulkas tersebut sebetulnya mudah saja. Hal pertama yaitu perlu untuk Anda lakukan yaitu dengan membatasi penggunaannya yang sesuai dengan kebutuhan. Anda dalam hal ini juga bisa meminimalisir udara panas yang terdapat di rumah dengan cara memaksimalkan pengaturan udara yang segar di rumah, sehingga dalam hal ini Anda tidak harus menggunakan AC. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jenis AC dengan menggunakan teknologi hemat energi. Contohnya yaitu yang dilengkapi dengan pengaturan suhu otomatis.

5. Memilih Mesin Cuci Yang Sesuai Kebutuhan


Sebisa mungkin Anda juga menghindari penggunaan mesin cuci yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu. Semakin besar kapasitas mesin cuci, maka akan menjadikan konsumsi listriknya pun secara otomatis juga menjadi lebih banyak. Memilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan tentunya akan menjadikan lebih hemat biaya perawatan mesin cuci serta juga dengan biaya listrik bulanan.

6. Bijak Menggunakan Kulkas


Hal tersebut sama seperti halnya dengan AC, kulkas ini juga memerlukan konsumsi daya yang tidak kecil bahkan bisa dikatakan sangat besar. Maka dari itu, salah satu cara untuk menghemat listrik kulkas tersebut wajib untuk dicoba yaitu dalam hal ini lebih bijak untuk menggunakannya. Pada saat Anda akan bepergian untuk waktu yang lama, maka juga jangan lupa untuk menurunkan suhu kulkas sampai dengan suhu paling kecil. Jika itu memungkinkan, sebaiknya Anda  matikan kulkas pada saat akan ditinggalkan.

Selain melakukan penggunaan secara tepat berkaitan dengan berbagai alat elektronik yang ada di rumah tersebut. Pastikan Anda juga memberikan wawasan untuk anggota keluarga Anda untuk berhemat dalam penggunaan listik ini.

0 Komentar