Tips Memilih Ban motor Yang Tepat


Ban motor merupakan sebagai salah satu bagian yang sangat penting dari motor tersebut. Tanpa adanya ban pastinya motor tidak akan bisa berjalan dengan mulus, bisapun berjalan juga sangat kasar. Untuk Anda yang kini memiliki motor pastinya membutuhkan ban yang tepat untuk motor yang Anda miliki.

Berikut ini beberapa Tips Memilih Ban motor Yang Tepat

1. Memilih Ukuran ban
Nah penting untuk Anda ketahui bahwa setiap jenis kendaraan bermotor, pastinya memiliki ukuran ban yang berbeda-beda, yang pasti bahwa ukuran ban motor matic tidak sama dengan ukuran ban motor bebek. Contohnya ukuran ban untuk motor bebek yaitu menggunakan ban depan 70/90-17 dan ban belakang sebesar 80/90-17 atau (ukuran standar).

Kalau pemakaian motor yang digunakan untuk sehari-hari contohnya hanya untuk dibawa kerja maka sebaiknya Anda memilih ukuran bah yang standar saja, namun jika pemakaian motor untuk mengangkut beban yang berat untuk membawa barang dagangan, maka sebaiknya Anda perbesar ukuran ban sobat yaitu menggunakan 80/90 untuk ban depan dan 90/90 untuk ukuran ban yang belakang. Sangat tidak dianjurkan untuk Anda memperkecil ukuran ban, contohnya pada ban depan diperkecil menjadi 60/90 dan kemudian yang belakang 70/90, selain boros mengenai pemakaiannya, maka memperkecil ukuran ban tersebut bisa mengakibatkan ban mudah bocor dan lebih fatalnya lagi sobat dapat terkena tilang jika terjaring razia karena ukuran ban yang tidak standar.

2. Merek ban
Jika ukuran ban sudah kita tentukan maka selanjutnya Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan Anda memilih ban yang kualitasnya bagus, biasanya yang memiliki kualitas bagus ini memang ber merk.

3. Lihat Tanggal Pembuatan Ban
Berikutnya yaitu yang juga cukup penting yaitu dengan kita memilih tanggal dari pembuatan ban motor tersebut. Biasanya semakin lama tanggal pembuatan maka juga akan berpengaruh pada kualitas ban yaitu karet ban yang tentunya lebih keras dan kaku, sehingga dalam hal ini dampaknya yaitu pada cengkraman terhadap aspal jadi akan sangat berkurang. Begitu juga sebaliknya jika tanggal pembuatan ban masih baru, maka hal tersebutbisa dipastikan kualitas ban terjamin.

4. Corak/Kembang Ban
Corak atau kembang ban ini juga sangat penting sekali, bisa membuat motor tampak memiliki kesan yang gagah dan stylish. Nah dengan tidak mengesampikan hal tersebut ternyata kembangan ban memiliki fungsi tertentu. Kembangan ban untuk roda pada bagian depan sebaiknya memilih yang memiliki garis tengah yang seolah-olah membelah ban tersebut. Garis tersebut tentunya sangatlah berguna untuk membelah air pada saat kondisi jalanan basah maka sobat bisa memperhatikan setiap ban motor bawaan pabrik biasanya ban depan selalu memiliki garis tengah.

5. Jenis Ban
Selanjutnya pastikan Anda memilih jenis ban yang tepat, model jenis ban ini terdapat 2 macam yaitu ada ban tubles dan ban yang biasa. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah untuk memilih ban motor ini tentunya Anda tidak boleh sembarangan, harus memperhatikan beberapa aspek penting dari ban tersebut. Selain itu Anda juga harus mempertimbangkan harga yang dibanderol dari ban tersebut. Kini saatnya Anda memilih ban yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Demikian informasi yang kami berikan kepada Anda mengenai tips memilih ban motor, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda yang sedang membutuhkannya. terimakasih.

0 Komentar