Tips Menemukan Kipas Angin AC Terbaik


Jika Anda membutuhkan alat penyejuk ruangan, maka Anda bisa menggunakan air conditioner atau kipas angin AC. Sepintas keduanya memang mirip, padahal kedua alat tersebut berbeda satu sama lain. Namun, bagi Anda yang ingin menghemat dan membutuhkan alat pendingin ruangan dengan tingkat mobilitas yang tinggi, kipas angin AC adalah solusi yang tepat.

Saat Anda membeli suatu barang, tentu menginginkan barang dengan kualitas yang terbaik bukan? Hal ini berlaku juga untuk Anda yang akan membeli kipas angin AC. Membeli kipas angin AC terbaik bukanlah perkara yang mudah. Minimal Anda harus mengetahui kipas angin AC seperti apakah yang cocok untuk Anda. 
Kipas Angin AC Terbaik
Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips untuk menemukan kipas Angin AC terbaik yaitu sebagai berikut:

1. Tentukan Jenis Kipas Angin AC yang Anda butuhkan
Terdapat dua jenis air kipas angin AC yang dijual di pasaran yaitu evaporative dan portabel. Perbedaan dari keduanya terletak pada ukuran, kekuatan air flow dan konsumtif listrik yang digunakan. 

Evaporative memiliki ukuran dan konsumtif listrik yang lebih besar dibanding jenis portabel. Namun, hal ini sesuai dengan air flow yang dihasilkan. Air flow yang dihasilkan oleh kipas angin AC jenis evaporative cenderung lebih besar dibanding yang portabel. 

2. Buat list daftar kipas angin AC
Jika Anda telah menentukan pilihan jenis kipas angin AC mana yang Anda butuhkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat list produk. Tuliskan setiap merk ternama yang menjual kipas angin AC dengan jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

3. Kumpulkan informasi
Setetelah Anda mengumpulkan merk dan model kipas angin AC, maka kumpulkan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Kumpulkan setiap fitur dan spesifikasi dari setiap merk dan model yang Anda telah cantumkan sebelumnya.

4. Pertimbangkan fitur dan spesifikasi yang tersedia

• Kapasitas Tangki Air 
Kapasitas tangki air pada setiap kipas angin AC berbeda-beda. Sekarang tinjau luas ruangan yang nantinya akan digunakan untuk meletakan kipas angin AC. Apabila ruanganya sangat luas, maka pilihlah kipas angin AC yang lebih dari 10 liter ke atas. Hal ini bertujuan agar kipas angin AC anda dapat berjalan dengan jangka waktu yang lama.

Bagi Anda yang memiliki ruangan yang tidak terlalu luas, maka memilih kipas angin AC dengan tangki berkapasitas 6-7 liter itu merupakan hal yang cukup baik.

• Ice Pack 
Ketika Anda membeli kipas angin AC, ada yang menyediakan fitur ice pack. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan es pada kipas angin AC. Fitur ini akan membuat kipas angin AC Anda menjadi lebih dingin. 

Pilihlah yang memiliki minimal 2 ice pack. Jika memang Anda menginginkan yang lebih optimal, maka pilihlah yang memiliki 4 ice pack. Hal ini bertujuan agar Anda tidak perlu repot untuk mengganti ice pack berulang kali. 

• Removeable Water Evaporator
Fitur ini adalah tangki kipas angin AC yang bisa di lepas. Fitur ini akan mempermudah Anda dalam melakukan perawatan pada tangki air.

• Portabel Handle & 360  rotatiton Wheel For Easy Movement 
Fitur ini mempengaruhi tingkat mobilitas kipas angin AC. Dilengkapi dengan tuas dan roda yang dapat berputar 360  tentu akan membuat Anda merasa nyaman dan mudah ketika memindahkan kipas angin AC.

• Air Flow
Spesifikasi ini adalah kecepatan kapasitas penguapan. Besaran tersebut akan menentukan volume udara yang dihasilkan oleh sebuah kipas angin AC. Semakin besar besaranya maka semakin cepat pula suhu ruangan menjadi sejuk.

• Speed Controller 
Fitur ini berguna untuk mengatur kecepatan angin yang dihembuskan. Biasanya terdapat 3 pengaturan yaitu high, medium dan low.

• Pompa Air Safety Switch 
Fitur ini berguna agar kipas angin AC dapat mati secara otomatis ketika air dalam tangki habis. Fitur ini bermanfaat agar pompa pada kipas angin AC tidak mudah cepat rusak akibat kelalaian kita dalam mengisi tangki air.

• Remote Control 
Fitur ini untuk mempermudah Anda dalam melakukan pengaturan kipas angin AC dari jauh.

• Timer 
Fitur ini berfungsi untuk menyetel waktu OFF Kipas angin AC. Hal ini berguna bagi Anda yang sering lupa mematikan alat elektronik.

• Multifungsi
Kipas angin AC sekarang ini telah ada yang multifungsi. Kipas angin AC ini dapat berperan sebagai kipas biasa, air purifier sekaligus air purifier.

• Konsumtif daya listrik
Spesifikasi ini harus diperhitungkan agar tagihan listrik Anda tidak terlalu membengkak.

Untuk lebih mudah, Anda dapat membuat 4 langkah sebelumnya menjadi sebuah tabel seperti ini:
Spesifikasi
Nama dan Model Produk
Sharp
.....................
Midea
.....................
Mayaka
.....................
Honeywell
.....................
Oxone
.....................
Kapasitas Tangki Air
7
7
8
10
10
Ice Pack
4
2
2
2
2
Removeable Water Evaporator
Ya
Ya
Tidak
Ya
Tidak
dst






Itulah tips untuk menemukan kipas angin AC terbaik. Semoga bermanfaat.

0 Komentar